Selasa, 16 Oktober 2018

Tulisan 2 Softskill Ekonomi Koperasi "Jurnal Profit"

Judul
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN) DALAM MEWUJUDKAN KEPUASAN ANGGOTA DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA  PADA ANGGOTA KOPERASI NUSANTARA CABANG MALANG DI KANTOR POS BESAR MALANG
Jurnal
Jurnal Profit
Volume dan Halaman
Volume 6 No. 2
Tahun
2011
Penulis
Yuanira Oktariana, Achmad Fauzi, Srikandi Kumadji
Reviewer
Navira Fitri
Tanggal
Oktober 2018
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang membentuk Customer Relationship Management dalam mewujudkan Kepuasan Anggota dan Dampaknya terhadap Loyalitas Anggota.
Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah semua anggota koperasi Cabang Malang di Kantor Pos Besar Malang
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode teknik accidental sampling yang penentuan masing - masing responden dilakukan secara accidental adalah berdasarkan kebetulan
Hasil Penelitian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keempat faktor hasil ekstraksi dari 14 indikator CRM  berpengaruh langsung secara signifikan dengan arah positif terhadap Kepuasan Anggota, (2) Pada hasil analisis jalur tidak dijumpai pengaruh langsung yang signifikan dari CRM terhadap Loyalitas Anggota, (3) pada hasil analisis jalur tidak dijumpai pengaruh langsung yang signifikan dari Kepuasan terhadap Loyalitas Anggota.
Kesimpulan 
Dalam penelitian ini diketahui bahwa pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Anggota dan Dampaknya terhadap Loyalitas Anggota yang diterapkan Koperasi
Nusantara sebagian besar telah dinyatakan baik oleh sebagian anggota melalui kuesioner, tapi ada item yang perlu diperhatikan oleh pihak Koperasi Nusantara, yaitu tentang proses penanganan keluhan anggota yang terlalu lama karena harus melalui proses dari kantor cabang, kantor wilayah dan kantor pusat Koperasi Nusantara, sehingga anggota agak kurang puas dalam hal ini, selain itu untuk penggunaan teknologi berbasis CRM perlu penanganan khusus dalam hal infrastruktur yang mengakibatkan proses pelayanan secara online sering terhambat.
    Customer Relationship Management (CRM) merupakan hal yang penting bagi pihak Koperasi untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan anggota supaya tercapai kepuasan anggota yang berdampak pula pada loyalitas anggota, maka untuk mendapatkan keuntungan dari kedua pihak yaitu pihak Koperasi dan Anggota perlu lebih mengoptimalkan hubungan secara efisien, karena Customer Relationship Management (CRM) pada intinya merupakan kolaborasi dengan setiap konsumen yang mampu menciptakan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri "Lingkungan Pemasaran Global"

Nama   : Navira Fitri Z.H NPM   : 15216369 Kelas   : 4EA09 Lingkungan Pemasaran Global Pengertian Manajemen, Pemasaran, da...