Judul
|
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (MANAJEMEN
HUBUNGAN PELANGGAN) DALAM MEWUJUDKAN KEPUASAN ANGGOTA DAN DAMPAKNYA TERHADAP
LOYALITAS ANGGOTA PADA ANGGOTA KOPERASI NUSANTARA CABANG
MALANG DI KANTOR POS BESAR MALANG
|
Jurnal
|
Jurnal Profit
|
Volume dan Halaman
|
Volume 6 No. 2
|
Tahun
|
2011
|
Penulis
|
Yuanira
Oktariana, Achmad Fauzi, Srikandi Kumadji
|
Reviewer
|
Navira Fitri
|
Tanggal
|
Oktober 2018
|
Tujuan Penelitian
|
Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui
dan menjelaskan
faktor-faktor yang membentuk Customer Relationship
Management dalam mewujudkan Kepuasan Anggota dan Dampaknya
terhadap Loyalitas Anggota.
|
Subjek Penelitian
|
Subjek penelitian ini adalah semua anggota koperasi Cabang
Malang di Kantor Pos Besar Malang
|
Metode Penelitian
|
Penelitian ini menggunakan metode teknik accidental sampling yang penentuan masing - masing responden dilakukan secara
accidental adalah berdasarkan
kebetulan
|
Hasil Penelitian
|
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) keempat faktor hasil ekstraksi dari 14
indikator CRM berpengaruh
langsung secara signifikan dengan arah positif terhadap Kepuasan Anggota, (2) Pada hasil
analisis jalur tidak dijumpai pengaruh langsung yang signifikan dari CRM terhadap Loyalitas Anggota, (3) pada hasil
analisis jalur tidak dijumpai pengaruh langsung yang signifikan dari Kepuasan
terhadap Loyalitas Anggota.
|
Kesimpulan
|
Dalam penelitian ini diketahui bahwa pengaruh Customer Relationship
Management (CRM) terhadap Kepuasan Anggota dan Dampaknya
terhadap Loyalitas Anggota yang diterapkan Koperasi
Nusantara sebagian besar telah dinyatakan baik
oleh sebagian anggota
melalui kuesioner, tapi ada item yang perlu diperhatikan oleh pihak Koperasi
Nusantara, yaitu tentang proses penanganan keluhan anggota yang terlalu lama
karena harus melalui proses dari kantor cabang, kantor wilayah dan kantor
pusat Koperasi Nusantara,
sehingga anggota agak kurang puas dalam hal ini, selain itu untuk penggunaan
teknologi berbasis CRM perlu
penanganan khusus dalam hal infrastruktur yang mengakibatkan proses pelayanan
secara online sering terhambat.
Customer Relationship
Management (CRM) merupakan hal yang
penting bagi pihak Koperasi untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan
anggota supaya tercapai kepuasan anggota yang berdampak pula pada loyalitas
anggota, maka untuk mendapatkan keuntungan dari kedua pihak yaitu pihak
Koperasi dan Anggota perlu lebih mengoptimalkan hubungan secara efisien,
karena Customer Relationship Management
(CRM) pada intinya merupakan kolaborasi dengan setiap konsumen yang mampu
menciptakan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar